handphone-tablet

08 Maret 2017

SANGAT MENYAYANGKAN KASUS PERISTIWA PENGAJIAN USTAD KHALID BASALAMAH DI SIDOARJO JAWA TIMUR



Ketua DPD Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Banten (M. Asep Rahmatullah) sangat menyayangkan kasus peristiwa pengajian ustad khalid basalamah di sidoarjo jawa timur. Apalagi peristiwa tersebut di lakukan oleh organisasi islam indonesia di Masjid. Seharusnya Organisasi Islam harus melakukan persatuan dan kesatuan untuk kejayaan umat Islam bangsa indonesia, bukan malah sebaliknya saling menjatuhkan, memfitnah dan berpecah pelah sesama kaum muslimin.

Dalam Islam perbedaan dan persamaan pendapat itu hal biasa, perbedaan pendapat biasanya hanya masalah sepele yaitu persoalan hukum Fiqhiyah, yang artinya Fiqh itu adalah hasil buah karya pendapat pemikiran para ulama dalam menyikapi persoalan umat yang terus berkembang hingga sa’at ini abad ke 21. Kemudian yang harus di tonjolkan oleh umat islam yang tergabung di dalam beberapa organisasi Islam adalah persamaan persepsi akidah tauhid yang artinya adalah ikatan kesatuan terhadap sang pengatur dan pencipta yang satu yaitu Allah sebagai Rabbil alamin (Pengatur alam semesta dan Rabbi nass (Pengatur manusia ). Sesungguhnya kita adalah manusia yang di ciptakan (Makhluk hidup) oleh Allah (sang Al-khalik) dari tanah dan akan kembali kepada tanah. 

Untuk menyelesaikan masalah perbedaan pendapat dalam Islam, pertama meskinya dalam menyikapi perbedaan pendapat dalam pengajian meski di rembukan melalui silaturahim dan musyawarah sebgaimana firman Allah dalam Al-qur;an yang berbunyi Surat Ali-’Imraan ayat 159 Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. 

Kemudian, kedua adalah kita sebagai umat islam bangsa indonesia adalah bersaudara yang mestinya saling berkasih sayang, tolong menolong dan membantu antara yang kuat dan lemah sebagaimana firman Allah tentang persaudaraan yang berbunyi : “Sesungguhnya orang-orang Mukmin adalah bersaudara. Karena itu, damaikanlah kedua saudara kalian, dan bertakwalah kalian kepada Allah supaya kalian mendapatkan rahmat. (QS al-Hujurat [49]: 10). 

Dan yang ketiga adalah, umat islam indonesia harus bersatu padu dalam persatuan islam sebagai mana firman Allah swt yang berbunyi : Allah Ta’ala berfirman : Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara. (QS Ali Imran:103) Ibnu Jarir Ath Thabari berkata tentang tafsir ayat ini: Allah Ta’ala menghendaki dengan ayat ini, Dan berpeganglah kamu semuanya kepada agama Allah yang telah Dia perintahkan, dan (berpeganglah kamu semuanya) kepada janjiNya yang Dia (Allah) telah mengadakan perjanjian atas kamu di dalam kitabNya, yang berupa persatuan dan kesepakatan di atas kalimat yang haq dan berserah diri terhadap perintah Allah. [Jami’ul Bayan 4/30.] Al Hafidz Ibnu Katsir rahimahullah berkata,“Dia (Allah) memerintahkan mereka (umat Islam) untuk berjama’ah dan melarang perpecahan. 

Dan telah datang banyak hadits, yang (berisi) larangan perpecahan dan perintah persatuan. Mereka dijamin terjaga dari kesalahan manakala mereka bersepakat, sebagaimana tersebut banyak hadits tentang hal itu juga. Dikhawatirkan terjadi perpecahan dan perselisihan atas mereka. Namun hal itu telah terjadi pada umat ini, sehingga mereka berpecah menjadi 73 firqah. Diantaranya terdapat satu firqah najiyah (yang selamat) menuju surga dan selamat dari siksa neraka. Mereka ialah orang-orang yang berada di atas apa-apa yang ada pada diri Nabi dan para sahabat beliau.” [Tafsir Al Qur’anil ‘Azhim, surat Ali Imran:103.] Dari ketiga hal tersebut diatas sudah seharusnya umat islam dan organisasi Islam di Indonesia bersama-sama membangun kebersamaan, keberagaman dan melakukan persatuan dan kesatuan Islam untuk kemajuan agama, bangsa dan negara dalam bingkai NKRI. Semoga Allah memberikan petunjuk kepada umat Islam bangsa indonesia.

0 komentar:

fashion pria

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP